Sabtu, 03 Oktober 2015

Tas Karung Berdampak Luas

Tas Karung
Tas karung mungkin produk yang selama ini tidak terbayangkan bisa mempunyai dampak yang luas. Mulai saja dari aspek kreatifitas, karung goni bisa di buat berbagai macam bentuk dengan berbagai fariasi. Belum lagi jika di gabungkan dengan berbagai bahan lain, tas karung goni akan menjadi produk yang cantik dan sangat layak menjadi bagian dari fashion.

Dari sisi ekonomi, tas karung bisa menghasilkan uang yang lumayan. Bahkan seorang pengrajin dengan pengembangan kreatifitasnya bisa menghasilkan puluhan juta dari tas karung. Belum lagi jika kreatifitas itu di kembangkan ke berbagai yang bukan hanya tas tapi ke produk lain seperti pouch, pelengkap meja, bahkan ke hiasan dinding yang di gabungkan dengan material lain seperti rotan, kayu, dahan-dahan, kulit, renda, dsb.

Dari sisi lingkungan hidup karung goni ini mempunyai peran penting kalau proses sosialisasinya di kembangkan terus sehingga orang akan semakin banyak menggunakan bahan karung goni yang ramah lingkungan ini. Coba saja saat ini setiap hari orang menggunakan bahan plastik untuk berbagaii kebutuhan. Dalam berbelanja saja, setiap hari berapa ton kantong plastik di gunakan.

Kalau saja penggunakan bahan plastik ini di kurangi dengan lebih banyak menggunakan bahan karung, niscaya ini akan berdampak positif terhadap lingkungan, karena bukan saja mudah di serap oleh alam, karung goni ini sangat mudah di urai oleh alam dan sama sekali tidak merusak.

Cobalah mulai dari sekarang kurangi menggunakan kantung plastik dengan membawa tas karung goni kemana saja, dan jika belanja tolak penggunaan kantong plastik, masukan saja ke karung goni. Dengan begitu penggunaan bahan plastik akan berkurang. Mulailah dari diri kita karena perusakan lingkungan adalah bagian dari tingkah laku kita juga dalam hal penggunaan bahan yang tidak ramah dengan alam.


Baca juga :

- Karung Goni
- Tas Karung Goni

 

22.45